Tuesday, March 13, 2012

PANCA INDERA DAN FUNGSINYA BAGI MANUSIA


Kita semua tahu bahwa Tuhan menciptakan kita semua sebagai manusia begitu sempurna, baik secara fisik, mental maupun spiritual. Kelengkapan secara fisik manusia diciptakan Tuhan dilengkapi dengan alat yang begitu berguna bagi dirinya. Dengan alat tersebut kita dapat berhubungan dan berinteraksi dengan dunia luar.
Ada lima alat yang diciptakan pada tubuh manusia sebagai alat komunikasi, yaitu mata sebagai alat untuk melihat, telinga sebagai alat untuk mendengar, permukaan kulit sebagai alat untuk meraba, lidah merupakan alat untuk membedakan rasa, dan hidung sebagai alat untuk pembau. Semua alat tersebut dinamakan panca indera. Dengan panca indera inilah manusia bisa berhubungan dengan dunia luar.
Dengan panca indera juga kita dapat mempertebal keimanan pada Tuhan, bahwa dengan alat tersebut dapat membuka pintu hidayah, membuka mata batin dan sekaligus manajamkannya. Karena dengan alat tersebut kita dapat mengetahui ciptaan Tuhan yang lain sebagai dan dapat menilai bahwa sesuatu itu baik ataupun buruk.
Selanjutnya, untuk lebih jelas mengenai panca indra dan fungsinya bagi manusia, maka bisa Anda simak dalam pembahasan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment