Tuesday, March 13, 2012

Indera Pengraba (Kulit)


Kita semua tau, bahwa seluroh tubuh manusia dibungkus dengan kulit. Di mana kulit merupakan indera peraba yang mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan. Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan; sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh.
Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba, kulit dilengkapi dengan reseptor-reseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis.
Ketika kulit menyentuh suatu benda, maka respon dikulit akan melanjutkan pesan sentuhan tersebut ke otak. Pesan tersebut diubah dulu ke dalam bentuk sinyal listrik dan melewati sel syaraf. Lalu pusat persepsi sentuhan dalam otak menafsirkan apakah benda tersebut keras, lunak, halus, tajam, kasar, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment