Thursday, January 12, 2012

PUISI BERANTAI


Manfaat Permainan
·           Fungsi utamanya lebih sebagai Icebreaking ataupun acara sela dalam sebuah kelas.

Jumlah Anak yang Terlibat
·           4-5 orang satu kelompok dan jumlah kelompok tidak dibatasi

Lamanya Permainan
·           30-60 menit

Usia Anak
·           12 tahun ke atas

Persiapan
·           Games ini dapat dimainkan di kelas maupun di luar ruang.
·           Diperlukan whiteboard atau flipchart dengan spidol yang cukup

Aturan dan Teknis Permainan

·           Bagi peserta dalam 2 kelompok dan mulailah dengan memberikan instruksi sebagai berikut:
·           Kelompok diminta menyusun sebuah puisi yang indah, dimana proses penyusunan puisi tersebut harus dilakukan oleh seluruh anggota kelompok.
·           Setiap anggota kelompok boleh menuliskan satu kata atau beberapa kata di whiteboard atau flipchart secara bergantian dan kata-kata tersebut harus melanjutkan apa yang sudah dituliskan rekan sebelumnya.
·           Untuk memulai kompetisi membuat puisi ini, minta 2 kelompok mengambil jarak dari whiteboard dan berbaris ke belakang.
1.      Setelah aba-aba dimulai, orang pertama baru boleh bergerak mengambil spidol dan menuliskan kata-kata.
2.      Jika orang pertama selesai maka dia harus meletakkan spidol dan kembali ke barisan untuk kemudian anggota kelompok dibelakangnya segera maju mengambil spidol dan menuliskan kata-kata di whiteboard.
3.      Demikian dilanjutkan hingga ke anggota kelompok terakhir.
·           Setelah selesai, kelompok harus membacakan puisinya, dengan cara dibacakan orang-perorang apa yang dituliskan di whiteboard/flipchart, lengkap dengan kreasi gaya dan intonasi.
·           Pemenangnya adalah kelompok yang bisa membuat puisi lebih cepat dan juga indah, termasuk juga dalam penyampaiannya.

Variasi
·           Kelompok bisa dikembangkan lebih banyak tergantuk jumlah peserta training, namun biasanya makin banyak anggota tiap kelompok, biasanya makin seru dan menarik hasil puisinya.
·           Fasilitator bertindak sebagai juri, jika ada atasan peserta ataupun observer lain, dapat juga dilibatkan sebagi juri.

No comments:

Post a Comment