Wednesday, January 11, 2012

MENGENAL TEMPAT-TEMPAT BERSEJARAH


Manfaat Permainan
·           Anak dapat mengetahui sejarah.
·           Anak mengenal nilai-nilai baik dalam sebuah sejarah.
·           Menambah wawasan anak

Jumlah yang bermain
·           4-12 orang atau lebih

Usia
·           6-12 tahun

Lama Permainan
·           Lama permainan 30-60 menit

Alat yang dibutuhkan
·           Gambar yang telah dipotong-potong (Puzzel) tentang kota-kota bersejarah seperti Mekah, madina, yerussalem dan lain sebagainya.
·           Wadah

Persiapan
·           Fasilitator mencerita tentang beberapa kota bersejarah di dunia, yang kota-kota tadi di manifestasikan dalam perwakilan gambar.
·           Gambar yang mewakili sejarah suatu kota tersebut dipotong-potong menjadi 15-20 bagian

Aturan Permainan:

·           Peserta dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2-4 orang.
·           Tiap peserta dalam kelompok memperoleh satu gambar yang sudah dipotong-potong yang dijadikan satu dalam satu wadah atau meja dengan potongan-potongan gambar peserta lain.
·           Tugas masing-masing peserta menyusun kembali potongan-potongan gambar menjadi satu gambar yang utuh, dengan ketentuan:
o  Jika memperoleh potongan gambar yang tidak diperlukan atau tidak sesuai, peserta harus segera mengembalikan ke dalam wadah atau meja agar peserta lain dapat mengambil jika cocok dengan gambar yang dimiliki;
o  Tidak boleh meminta atau mengambil dari peserta lain, tetapi hanya boleh mengambil potongan gambar dari wadah  atau meja;
o  Tidak boleh saling berbicara, berkomunikasi dengan isyarat ataupun campur tangan dalam pekerjaan peserta lain.
·           Setelah selesai mintalah peserta menceritakan peristiwa apa saja yang mereka ketahui di kota itu.

Note:
·           Apa kesulitan peserta dalam menyusun gambar?
·           Bagaimana cara mereka menceritakan peristiwa yang pernah terjadi

No comments:

Post a Comment