Tuesday, March 13, 2012

PENYAKIT HATI SEBAGAI PENGHALANG UNTUK MEMBUKA MATA BATIN


Sebagaimana yang telah sedikit disinggung pada bagian sebelumnya. Maka dalam bagian ini akan dibahas mengenai hati manusia dan posisinya. Hati merupakan organ vital yang dimiliki manusia dan sifat dari manusia itu sendiri dalam sebagai cermin dari kondisi hatinya. Peranan hati – dalam kehidupan manusia – sangat menentukan.
Makna hati orang sering menyebutnya sebagai hati nurani dan dapat diartikan sebagai kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam diri manusia. Keinsafan akan adanya kewajiban. Juga hati merupakan penerapan kesadaran moral di atas dalam situasi konkret. Suara hatilah yang menilai suatu tindakan manusia benar atau salah, baik atau buruk. Hati nurani tampil sebagai hakim yang baik dan jujur, walaupun dapat keliru.
Hati dapat berperanan sebelum dan pada saat suatu tindakan dibuat. Biasa­nya, hati akan menyuroh kalau perbuatan itu baik dan melarang kalau perbuatan itu buruk. Dengan hati juga dapat berperan sesudah suatu tindakan dibuat. Hati nurani akan "memuji" jika perhuatan itu baik dan hati nurani akan membuat kita gelisah atau menyesal jika perbuatan itu buruk atau jahat.

No comments:

Post a Comment