Saturday, March 10, 2012

Manfaat Kartu Kredit


1. Kemudahan dalam Berteransaksi
Kami mencoba mengumpulkan kemanfaatan yang diberikan oleh kartu kredit, berikut beberapa di antaranya: Kemudahan dalam bertransaksi di mana pengguna kartu kredit tidak usah membawa uang cash untuk berbelanja. Kemudahan dalam melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulan. Kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang (grace period). Kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah atau tawaran dengan harga terdiskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu. Tingkat keamanan yang cukup tinggi. Bila tas atau dompet dicopet orang maka yang diambil hanyalah kartu kredit yang bisa segera dilaporkan ke card center untuk membatalkannya, sehingga pencopet tadi tidak bisa memakainya.
Kemudahan kartu kredit lainnya, seperti dapat digunakan mengambil uang tunai melalui ATM. Penggunaan kartu kredit bagi pengambilan uang tunai melalui ATM perlu tambahan informasi sebagai berikut: Pada saat mengambil uang tunai melalui ATM, maka secara langsung dikenakan fee pengambilan yang besarannya sekitar 30 - 40 ribu (tergantung institusi penerbit). Bunga bulanan secara langsung akan berlaku, tidak ada masa tenggang atau grace period pada transaksi melalui ATM. Bunga yang dikenakan lebih tinggi dari bunga biasa yang dibebankan dalam tagihan pembelanjaan biasa, paling tidak 4 persen/bulan. Di mana setahun adalah 48 persen.
Jadi bila ditinjau dari hal-hal tersebut di atas maka kami tidak menganjurkan untuk mengambil uang tunai melalui ATM dengan kartu kredit. Karena selain beban administratif juga bunga yang terlalu tinggi. Akan tetapi kemudahan ini tentu saja dapat digunakan terutama di saat keadaan darurat.
Grace Period, dimaksudnya adalah kelonggaran waktu yang diberikan oleh institusi perbankan untuk membayar tagihan kartu kredit Inilah yang merupakan salah satu keuntungan yang telah disebutkan di atas dari penggunaan kartu kredit di mana pengguna kartu kredit memiliki masa tunggu pembayaran (grace period), dalam setiap bulan. Keuntungan ini sebaiknya dapat dimaksimalkan karena hal ini memang disediakan oleh lembaga perbankkan. Dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu tanggal penggunaan kartu kredit dan tanggal cetak tagihan. Dengan melakukan pembelanjaan pada waktu yang tepat dapat memaksimalkan grace period. Berikut kami berikan contohnya: Dari contoh pertama, berarti pengguna kartu memiliki waktu tenggang pembayaran dalam 29 hari di mana ia tidak dikenai bunga apapun apabila melunasinya dalam waktu tersebut. Bahkan pada contoh kedua waktu tenggang lebih lama lagi, yaitu mencapai 52 hari. Kemanfaatan Lain Jangan terjebak dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh lembaga pengeluar kartu kredit, dari yang umum sampai yang sangat spesifik bila memiliki dan menggunakan kartu kredit tertentu.
Sebaiknya sebagai konsumen pemegang kartu kredit harus waspada dan hati-hati. Karena terkadang kemudahan dapat mencelakakan. Di akhir tahun ini, di mana Lebaran, Natal serta Tahun Baru sangat berdekatan maka hasrat untuk berbelanja keperluan Lebaran, Natal maupun Tahun Baru menjadi sangat kuat. Saran kami, janganlah terjebak menggunakan kartu kredit dengan segala kemudahannya untuk memenuhi segala keinginan. Cobalah untuk menyesuaikan dengan anggaran atau kebutuhan. Yang harus selalu diingat adalah kewajiban membayar tagihan bulanan kartu kredit yang bunga pertahun berkisar antara 24-42 persen, yang kemungkinan dapat merusak tatanan keuangan keluarga.
Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit dan miliki rasa tanggung jawab terhadap semua keputusan saat menggunakannya. Saran yang kami berikan adalah penggunaan kartu kredit sebatas sebagai alat pembayaran keperluan sehari-hari atau biaya bulanan yang sudah dianggarkan. Sehingga apabila tagihan bulanan datang maka dapat dibayar dengan lunas karena memang sudah ada pos anggarannya.
Penggunaan lain yang juga kami sarankan adalah kartu kredit untuk keperluan darurat. Dengan memiliki kartu kredit Anda memiliki plafon utang yang tersedia langsung untuk kebutuhan darurat. Apabila kita terpaksa menggunakannya maka yang harus selalu diingat adalah kewajiban membayar bunganya saat mencicil setiap bulan.
Yang harus pula selalu diingat prinsip utang dengan kartu kredit adalah merupakan utang jangka pendek, sehingga pelunasannya sebaiknya diusahakan dapat dilakukan kurang dari 3 bulan (mengingat besarnya bunga yang harus dibayar). Jadi apabila digunakan untuk keadaan darurat maka yang harus diperhitungkan adalah bagaimana pembayaran cicilannya dapat diselesaikan secepatnya.

2. Memaksimalkan manfaat kartu kredit
Bagi Anda yang berpenghasilan berpenghasilan lebih atau besar menggunakan kartu kredit bukan lagi hal yang baru, bahkan banyak yang memiliki lebih dari 2 kartu. Kartu kredit sudah merupakan alat bantu pembayaran yang lazim di sebagian masyarakat kita, bahkan kecenderungannya mereka melihat bahwa kartu kredit sudah merupakan gaya hidup (life style). Ia bahkan memberikan banyak peluang tambahan bagi konsumen pengguna untuk mendapatkan kemudahan baik dalam bertransaksi maupun skema pembayaran yang bisa dicicil.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan – dengan berbagai faktor, yang salah satunya boros dan tidak kontrol tadi –, maka sebaiknya Anda harus memperhatikan fungsi dari kartu kredit. Sehingga dalam menggunakannya dapat memaksimalkan manfaat kartu tersebut. Bebrapa manfaat kartu kredit:
a.        Kemudahan dalam bertransaksi di mana pengguna kartu kredit tidak usah membawa uang cash untuk berbelanja. Artinya dengan memiliki kartu kredit, maka kemana-mana Anda tidak perlu membawa uang cash yang banyak.
b.        Kemudahan dalam melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulannya. Bisa dikatakan sebagai sumber uang darurat, artinya bila suatu saat kita ada kebutuhan mendadak seperti belanja keperluan anak, atau biaya rumah sakit salah satu anggota keluarga kita yang sakit, dan lain-lain. Di mana saat itu kita tidak punya cadangan uang yang cukup maka dapat ditolong dengan kartu kredit. Di samping itu juga, ketika Anda memerlukan suatu barang dan tidak bisa membelinya secara langsung, maka Anda dapat membeli barang yang diperlukan dengan menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit Anda. Seperti seperti laptop, HP, atau barang elektronik lainnya.  Denga cara ini akan sedikit meringankan beban finansial Anda. Biasanya maksimum cicilan dengan kartu kredit cuma sampai 1 tahun saja.
c.        Kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang (grace period).
d.       Kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah atau tawaran dengan harga terdiskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu. Anda bisa menikmati berbagai macam diskon khusus, beberapa merchant seperti restoran, butik, supermarket, pom bensin dan lain-lain bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit untuk mengadakan diskon khusus bagi pelanggan yang membayar dengan kartu kredit. Biasanya ada yang menawarkan potongan 10-20persen.
e.        Tingkat keamanan yang cukup tinggi. Bila tas atau dompet dicopet orang maka yang diambil hanyalah kartu kredit yang bisa segera dilaporkan ke card center untuk membatalkannya sehingga pencopet tadi tidak bisa memakainya.
f.         Kemudahan kartu kredit lainnya, seperti dapat digunakan untuk mengambil uang tunai melalui ATM.
g.        Memudahkan segala urusan tagihan bulanan Anda, semua tagihan bulanan Anda seperti telepon, listrik, air, TV berlangganan, tagihan HP, dll bisa Anda tagihkan ke kartu kredit hal ini membuat Anda jauh lebih efisien dari segi waktu jadi cukup semuanya ditagihkan ke kartu kredit Anda.
h.        Gaya hidup (Life Style), kartu kredit sekarang tidak hanya berfungsi sebagai pengganti uang cash akan tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita. Ada orang yang mengatakan bahwa “tanpa kartu kredit ibarat makan tanpa garam”. Seperti halnya layanan exsecutive lounge di bAndara yang hanya bisa diperoleh untuk pemegang kartu kredit gold atau platinum.

No comments:

Post a Comment