Monday, March 12, 2012

Langkah-Langkah Meningkatkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar Anda!

Hidup Anda merupakan perwujudan dan hasil dari pilihan-pilihan yang Anda masukan dalam pikiran bawah sadar Anda. Artinya, apa yang Anda lakukan pada saat ini adalah hasil dari pikiran bawah sadar Anda sendiri. Marcus Aurelius Antonius, seorang Kaisar Romawi kuno pernah berkata "A man's life is what his thought make of it" Kehidupan kita adalah cerminan bagaimana pikiran kita bekerja.
Begitu dahsyat dan luar biasanya pengaruh pikiran bawah sadar ini hingga banyak pakar di bidang neurosains mengatakan lebih dari 85 persen hidup kita dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Artinya hanya 15 persen saja pengaruh pikiran sadar dalam hidup kita.
Anda mungkin pernah mengalami hal di mana ketika melakukan sesuatu Anda merasa "Saya yakin hal ini pasti akan terjadi" atau hal-hal yang Anda jalani kemudian terjadi persis seperti apa yang Anda bayangkan sebelumnya?
Itulah salah satu contoh bagaimana pikiran bawah sadar Anda bisa menciptakan keajaiban. Hal-hal sederhana yang terus menerus diyakini dan dibayangkan secara konsisten dan jelas akan direspon positif oleh pikiran bawah sadar kemudian akan tercermin dalam sikap dan tindakan. Yang kemudian menghasilkan kenyataan yang persis seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Apapun yang Anda yakini, dengan segenap perasaan, akan menjadi kenyataan. Semakin besar intensitas keyakinan Anda, semakin banyak emosi yang Anda libatkan di dalamnya, semakin besar pengaruhnya terhadap perilaku dan terhadap segala sesuatu yang terjadi pada Anda.

Karena itu potensi luar biasa yang telah diberikan Tuhan kepada kita ini jangan disia-siakan. Karena ketika potensi ini dioptimalkan secara maksimal dan konsisten maka bersiap-siaplah keajaiban akan terjadi dalam hidup Anda!
Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

1. Autosuggestion

Keinginan-keinginan Anda merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya sebagai pendorong yang akan menggerakkan diri Anda untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar Anda, itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri Anda, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh Anda sendiri. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar tersebut sangatlah dahsyat, entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar Anda.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar Anda. Lalu pikiran bawah sadar Anda akan memompa semangat. Energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup Anda.

Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri Anda dari dalam diri Anda sendiri. Biasakanlah diri Anda mendengarkan pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jadi janganlah Anda ragu untuk melakukan budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

Ada 5 (P) sebagai petunjuk bagi Anda dalam melakukan autosuggestion, yaitu:

-          Positive, yaitu pada saat Anda melakukan autosuggestion, maka yang Anda munculkan dalam pikirkan Anda hanya hal-hal yang positif saja.

-          Powerful, yaitu dalam melakukan sesuatu tanamkan dalam diri Anda dengan penuh keyakinan, sebab keyakinan tersebut dapat memberikan kekuatan (power) dalam diri Anda untuk berbuat sesuatu yang luar biasa.

-          Precise, yaitu apa keinginan Anda yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.

-          Present tense, yaitu dalam bentuk keinginan yang Anda tanamkan dalam pikiran Anda adalah keinginan pada saat ini, bukan keinginan Anda di masa lalu atau akan datang.

-          Personal, yaitu lakukan perubahan positif terhadap diri Anda sendiri terlebih dahulu.

                                  

Dari petunjuk-petunjuk tersebut di atas, merupakan poin penting yang harus Anda jalankan, sehingga keinginan dan tujuan ada akan tercapai dengan sendirinya.

 

2. Visualization

Bila Anda menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian Anda terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it - Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya.”

Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar. Itulah mengapa Napoleon Hill pernah berkata "What your mind conceive and you believe, you could achieve!" apa yang pikiran kita rasakan dan bayangkan kita yakini, kita pasti dapat mewujudkannya!

Teknik visualisasi inilah yang dilakukan oleh komedian sukses Jim Carey. Hasrat yang menggebu-gebu untuk menjadi komedian sukses membuatnya suatu hari menulis selembar kertas yang dianggapnya cek bernilai US$10 juta. "Cek" dengan tanggal di bagian atasnya itu terus disimpannya di dalam saku.

Ketika mengalami hambatan dalam karir. Ia sering menyendiri ke atas bukit dan memandang kota Los Angeles seraya membayangkan dirinya sebagai bintang film sukses Hollywood. Ia lalu melihat kembali cek yang ditulisnya itu. Siapa sangka beberapa tahun kemudian ia menandatangani kontrak bernilai lebih dari US$ 10 juta untuk film The Mask. Menariknya tanggal pada tanggal "cek" buatannya dulu berdekatan dengan tanggal pada cek pembayaran kontrak!

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri Anda untuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:

a.   Mendefinisikan impian

Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah Anda akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih apa yang dicita-citakan.

b.   Menentukan target waktu

Dambakan impian itu akan terwujud sesuai dengan target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang, Be the best, do the best, and then let God take care the rest? Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang Anda miliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.

c.   Melakukan berulang-ulang

Melakukan pengulangan artinya mengkondisikan diri Anda untuk lebih sering ingat akan impian Anda. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri Anda untuk menciptakan keputusan atau menjadikan Anda lebih kreatif.

Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar Anda. Imajinasi Anda yang diulang-ulang tersebut secara tidak langsung akan merangsang ilusi dan menjadi kenyataan yang luar biasa tentang potensi yang ada dalam diri Anda. Sehingga diri Anda akan berusaha keras mencapai impian yang Anda visualisasikan tadi. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri Anda pada suatu waktu.


Dengan demikian, sudah sejauh mana pengaruh kekuatan pikiran bawah sadar terhadap hidup Anda? Mari bertindak untuk meningkatkan kekuatan pikiran bawah sadar Anda sekarang! Karena 3 persen orang-orang yang berhasil dalam hidupnya secara signifikan adalah orang-orang yang benar-benar serius meningkatkan potensi dan kekuatan pikiran bawah sadarnya! Apakah Anda termasuk yang 3 persen itu?

No comments:

Post a Comment