Saturday, March 10, 2012

cara bijak menggunakan kartu kredit



Kebanyakan masyarakat yang pendapatannya begitu besar, untuk memenuhi kebutuhan dengan mengikuti perubahan gaya hidup tidak semua tidak dapat semuanya terpenuhi atau merasa kesulitan, baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan yang sifatnya bulanan yang harus dikeluarkan. Ini sangat berkaitan dengan kebiasaan keuangan (financial habit). Anda tetap bisa menyisihkan uang setiap bulannya berapa pun penghasilan Anda bila menjalankan kebiasaan sehat yang berkaitan dengan managemen keuangan keluarga.
Menurut pandangan kami, Anda tidak usah hidup susah untuk dapat menyisihkan uang. Yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadi seorang yang berbelanja dengan pintar dan pembeli yang hati-hati. Kebutuhan vs Keinginan Sebenarnya tidak ada batasan yang pasti untuk menentukan perbedaan antara kebutuhan atau keinginan. Mari kita mulai dengan mendifinisikan keduanya. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada di antara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera.
Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera. Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi, maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang. Namun demikian, yang namanya kesejahteraan dan kepuasan juga sangat relatif bagi setiap orang.
Sedangkan kami berpendapat bahwa untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, harus dilihat dari segi fungsinya. Sesuatu dikatakan sebagai keinginan kalau sudah merupakan tambahan atas fungsi utamanya. Bagi sebagian orang, mobil sudah merupakan kebutuhan. Untuk bisa menunjang aktifitasnya yang banyak di luar rumah dan sering bepergian, maka mobil adalah alat transportasi yang menjadi kebutuhan. Jika fungsi mobil adalah untuk alat transportasi, membawa ke mana kita akan pergi. Tapi seringkali kita punya keinginan untuk menambah berbagai macam aksesories mobil, bukan untuk menambah kenyamanan atau kemanan berkendara, tapi hanya sekedar mempercantik penampilannya saja. Saya rasa itu bukan kebutuhan, itu cuma keinginan saja. Dan keinginan ini bisa ditunda kalau semua kebutuhan yang lain sudah terpenuhi dengan baik.
Walaupun mungkin kini Anda merasa mampu untuk memenuhi semua keinginan Anda, tapi kita tetap harus bijaksana, jangan sampai lupa akan kebutuhan/tujuan di masa yang akan datang. Kita harus mempersiapkan dana pensiun kita agar bisa menikmati hari tua dengan tenang, kita juga harus mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anak kita, dan itu semua adalah kebutuhan masa depan yang harus disiapkan sejak sekarang. Yang harus diingat adalah, jangan sampai memenuhi keinginan dengan mengabaikan kebutuhan atau tujuan keuangan prioritas.
Oleh karenanya memiliki perspektif jangka panjang dalam hal keuangan keluarga harus diperhatikan. “Pay Yourself First”. Kiasan ini sering kali dipakai dalam berbagai buku keuangan keluarga. Bagaimana Anda membayar atau menggunakan uang penghasilan Anda yang harus kita telaah lebih jauh lagi. Contoh saja, Anda memasukkan uang hasil penghasilan bulanan Anda ke dalan tabungan. Dan menggunakan tabungan tersebut untuk membayar KPR tiap bulannya, biaya telpon, listrik, makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Dan membayar tagihan kartu kredit dari sisa uang yang masih ada di tabungan. Sehingga Anda membayar minimun setiap tagihan bulanan kartu kredit. Begitu Anda selesai, tidak ada lagi yang tersisa dalam tabungan Anda atau nil (zero).
Dari contoh di atas, Anda memiliki kebiasan keuangan di mana mendahulukan membayar untuk orang lain dari pada diri sendiri. Jadi sudah sebaiknyalah Anda membayar untuk diri Anda sendiri sebelum Anda membayar untuk orang lain.
Menurut hemat kami, ada jalan di mana Anda dapat membayar untuk diri Anda sendiri, dengan menyisihkan minimal 10 persen dari penghasilan bulanan setiap bulannya di depan. Jangan setelah Anda menggunakannya selama sebulan atau apa yang tersisa tapi Anda harus menyisihkannya dimuka. Dengan minimal 10 persen yang Anda bayarkan untuk diri Anda, maka Anda akan memelihara angsa petelur emas yang akan menjadikan Anda kaya. Dan dengan sisa yang 90 persen Anda gunakan untuk membayar orang lain. Anda tidak akan merasakan perubahan yang berarti dengan tingkat kehidupan Anda. Pemakaian kartu kredit pada perinsifnya adalah jenis kartu plastik yang dapat dipergunakan untuk menarik uang tunai baik melalui teller di bank ataupun melalui ATM, atau tempat lain yang ditentukan.
Prinsip kerjanya adalah pada saat kita memiliki sejumlah uang di bank kita dapat meminta kartu debit (sesuai dengan fasilitas yang diberikan bank). Setiap saat kita bisa mengambil uang tunai di ATM atau menggunakan sebagai sarana pembayaran dengan jumlah maksimal sesuai dengan uang yang kita miliki di bank. Sehingga kartu ini bukanlah merupakan alat pembayaran, tetapi hanya untuk memberikan kemudahan pada nasabah bank dalam melakukan pembayaran tanpa harus membawa uang tunai.
Timbullah suatu pertanyaan, apakah Anda ingin memiliki kartu kredit? Atau Anda sudah memilikinya? Dan Anda tidak tahu bagaimana mendapatkannya dan bagaimana cara menggunakannya dan untuk tujuan apa?. Di sini Anda dapat mengetahui dasar dari kartu kredit. Kartu kredit melalui kartu yang dapat membeli sesuatu pada kredit dan bahkan bisa meminjam uang. Anda akan menerima jumlah yang keuangan organisasi yang telah memberikan Anda kartu. Akan ada batas untuk berapa banyak yang bisa Anda pakai. Pada akhir setiap bulannya Anda bisa melunasi seluruh jumlah yang Anda berhutang atau minimal pinjaman. Anda harus melihat iklan kartu kredit di televisi, surat kabar atau di billboard. Ada ratusan bank dan lembaga keuangan yang memberikan kartu kredit.
Beberapa kartu kredit utama selular adalah American Express Co, Discover Financial Services, Chase Bank, HSBC Bank dan Citibank Bank of America. Ini kartu kredit yang menawarkan berbagai jenis kartu kredit penargetan kelompok orang yang berbeda. Terdapat standar kartu kredit untuk masyarakat umum, kartu kredit untuk siswa sekolah dan mahasiswa, bisnis kartu kredit untuk bisnis dan menyimpan kartu kredit, gas dan minyak tanah untuk membeli kartu dari toko, gas dan bensin.

No comments:

Post a Comment