Friday, March 9, 2012

Detektif Conan



Detektif Conan (bahasa Jepang: 名探偵コナン Meitantei Konan) adalah sebuah manga (komik) dan anime (animasi) detektif karangan Gosho Aoyama. Detektif Conan diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Sunday. Selain dalam format manga dan anime, Detektif Conan juga telah dibuat dalam bentuk film dan drama TV.
Detektif Conan menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA, yang tubuhnya mengecil akibat obat yang diberikan oleh sebuah organisasi misterius tanpa diketahui organisasi tersebut. Shinichi Kudo memiliki kemampuan luar biasa dalam menganalisis kasus-kasus kriminal. Dia terkena suatu masalah besar ketika tiba-tiba dirinya menjadi mengecil setelah diberi minum obat misterius oleh anggota Organisasi Hitam. Tetapi, dengan tubuhnya menjadi kecil tidak dijadikan penghalang bagi Conan untuk mengungkap berbagai kasus pembunuhan yang terjadi di Jepang. Karena, walaupun tubuhnya mengecil, tetapi otaknya berfungsi seperti ketika dia masih berbadan normal (sebelum mengecil).
Serial Detektif Conan ini menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gosho Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, tetapi juga menggunakan nama tempat fiktif seperti Beika City. Serial ini telah berlangsung selama 15 tahun, dengan jumlah episode animasi sebanyak 552 yang terbagi menjadi 18 musim dan jumlah bab manga sebanyak 712 yang terbagi menjadi 69 volume.
Manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang telah diterbitkan sejak tahun 1994 dalam sebuah majalah Weekly Shonen Sunday. Sejak pemutaran perdana Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994 sampai dengan 18 Agustus 2009, sebanyak 65 volume telah dirilis. Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan 32 jilid dirilis per 27 November 2009. Begitu pun di Indonesia tidak ketinggalan untuk menerbitkan seri Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia dan sudah beredar baik manga maupun serial TV-nya.
Ada tiga edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia, yaitu:
  • Detektif Conan edisi reguler
  • Detektif Conan edisi spesial
  • Detektif Conan seri animasi TV

Episode dari serial animasi Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation. Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.
Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan. Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari animasi telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari animasi.
Spesial TV dari seri Detektif Conan hanya ada satu untuk saat ini, yaitu Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン ,"Lupin Sansei vs Meitantei Conan")
Selain itu juga, seri Detektif Conan sudah ditranformasikan dari manga ke film animasi, dengan beberapa judul yang sudah dirilis, antara lain:

No
Judul bahasa Jepang
Judul bahasa Inggris
Tanggal pertama kali dirilis
1
名探偵コナン 時計じかけの摩天楼
Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō
Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper
19 April 1997
2
名探偵コナン 14番目の標的
Meitantei Konan Jyuuyon banme no Tagetto
Detective Conan: The Fourteenth Target
18 April 1998
3
名探偵コナン 世紀末の魔術師
Meitantei Konan Seikimatsu no Majutsushi
Detective Conan: The Last Wizard of the Century
17 April 1999
4
名探偵コナン 瞳の中の暗殺者
Meitantei Konan Hitomi no Naka no Ansatsusha
Detective Conan: Captured in Her Eyes
22 April 2000
5
名探偵コナン 天国へのカウントダウン
Meitantei Konan Tengoku e no Kauntodaun
Detective Conan: Countdown to Heaven
21 April 2001
6
名探偵コナン ベイカー街の亡霊
Meitantei Konan Beikā Sutorīto no Bōrei
Detective Conan: The Phantom of Baker Street
20 April 2002
7
名探偵コナン 迷宮の十字路
Meitantei Konan Meikyū no Kurosurōdo
Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital
19 April 2003
8
名探偵コナン 銀翼の奇術師
Meitantei Konan Gin-yoku no Majishan
Detective Conan: Magician of the Silver Sky
17 April 2004
9
名探偵コナン 水平線上の陰謀
Meitantei Konan Suiheisenjō no Sutoratejī
Detective Conan: Strategy Above the Depths
19 April 2005
10
名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌
Meitantei Konan Tantei tachi no requiem
Detective Conan: The Private Eyes Requiem
15 April 2006
11
名探偵コナン 紺碧の棺
Meitantei Konan Konpeki no Jorī Rojā
Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure
27 April 2007
12
名探偵コナン 戦慄の楽譜
Meitantei Konan Senritsu no Furu Sukoa
Detective Conan: Full Score of Fear
19 April 2008
13
名探偵コナン 漆黒の追跡者
Meitantei Conan Shikkoku no Chaser
Detective Conan: The Raven Chaser
18 April 2009

Ada dua drama televisi tunggal yang telah dibuat dari serial di atas. Seri pertama pada 2006 dan kedua pada 2007, yaitu: Drama pertama, yang ditayangkan perdana di Jepang pada Nippon Television pada 2 Oktober 2006. Dibintangi oleh Shun Oguri sebagai Shinichi Kudo, Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mouri, dan Takanori Jinnai sebagai Kogoro Mouri.
Drama kedua, ditayangkan perdana pada 17 Desember 2007, dengan menambahkan karakter seperti Yu Kashii (sebagai Shiho Miyano), Kuranosuke Sasaku (sebagai Gin), Okada Taro (sebagai Vodka), Ryosei Tayama (sebagai Agasa), Fujisaki Nao (sebagai Conan) dan Shibata Kyoka (sebagai Haibara).

No comments:

Post a Comment