Sunday, January 1, 2012

Nuh AS: Pembuat Bhatera Pertama


“Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sesuatu yang aku tidak mengetahui hakekatnya, dan sekiranya tidak Engkau ampuni dan belas kasih niscaya aku termasuk orang – orang yang merugi,”
(Nuh As.)

Beliau adalah Rasulullah. Beliau merupakan seorang tukang kayu dan petani kurma pertama di Jazirah Arab. Walaupun hanya sebagai seorang tukang kayu dan petani, tapi beliau memiliki kepandaian yang luarbiasa. Dengan kepandaiannya di bidang kayu tersebut, beliau mampu membuat bahtera (perahu) yang memiliki kapasitas yang sangat banyak. Tentunya itu semua atas petunjuk atau ilmu yang diberikan Allah Swt. 

Tak terbayangkan seberapa besar perahu yang di buat oleh dirinya pada saat itu. Sehingga kemampuannya di samping memuat pengikutnya, juga dapat memuat seluruh spesies hewan yang ada dimuka bumi ini. Tidaklah heran jika pada zaman moderen saat ini, manusia mampu membuat perahu yang besar dan dilengkapi dengan kontrol digital, karena Adam dan cucu-cucunya sudah memiliki kecerdasan yang begitu memukau dan tidak dimiliki oleh makhluk lain. 

Siapa beliau? Beliau bernama Nuh a.s.

Bergelar Abdussyakur

Nuh hidup sekitar 3993-3043 SM. Dia lahir 126 sepeninggal Nabi Adam AS, sedangkan menurut Ahli Kitab dia lahir 140 tahun sepeninggal Nabi Adam. Nuh hidup selama 950 tahun. Ia mempunyai istri bernama Wafilah, sedangkan beberapa riwayat mengatakan istri Nuh adalah Namaha binti Tzila atau Amzurah binti Barakil dan memiliki empat orang putra, yaitu Kan'aan, Yafith, Syam dan Ham.

Kisah Nabi Nuh diceritakan di dalam Taurat, Alkitab dan Alquran. Namanya disebutkan sebanyak 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru. Sedangkan dalam Alquran, kisah Nabi Nuh diceritakan dalam 43 ayat dari 28 surah di antaranya surah Nuh dari ayat 1 sehinga 28, juga dalam surah "Hud" ayat 27 sehingga 48 yang mengisahkan dialog Nabi Nuh dengan kaumnya dan perintah pembuatan kapal serta keadaan banjir yang menimpa di atas mereka... >>> untuk lebih lengkapnya silahkan Download buku ini.

No comments:

Post a Comment