Manfaat
permainan
·
Peserta dapat menguraikan perannya dalam
bentuk gambar.
·
Peserta
lebih mengenal dirinya sehubungan dengan tugasnya sehari-hari.
Jumlah
anak yang bermain
·
Relative,
bisa semua peserta yang ada dalam suatu acara
Lama
permainan
·
30-45
menit
Usia
anak dalam permainan
·
8-15 tahun
Persiapan yang dibutuhkan
·
Tempat
yang cukup luas, yang memungkinkan semua
peserta bias menggambar secara leluasa.
·
Kertas
buram dengan ukuran 35 x 35 cm
·
Spidol, pines atau selotip untuk
menempelkan gambar pada dinding supaya dapat dilihat oleh semua peserta.
Aturan
dan teknis permainan
·
Fasilitator memberikan petunjuk kepada
peserta agar mereka menggambarkan peran atau fungsinya sendiri. Boleh
menggambar biasa atau dengan memakai symbol-simbol. Misalnya, bila latihan
kesehatan masyarakat diadakan untuk perawat, maka setiap peserta diminta
membuat gambar tentang perannya sebagai perawat.
·
Bagikan kepada setiap peserta
masing-masing 1 lembar kertas buram berikut 1 buah spidol.
·
Instruksikan kepada semua peserta agar
menggambar peran atau fungsinya masing-masing.
·
Bagi yang sudah selesai menggambar
dipersilahkan untuk menempelkan hasil karyanya pada dinding.
·
Fasilitator mempersilahkan kepada semua
peserta untuk berkeliling sambil mengamati karya peserta lain. Bila ada hal-hal
yang kurang jelas dapat ditanyakan (sebaiknya pelatih tidak mengambil
kesimpulan, tetapi boleh juga memberi komentar).
·
Bila peserta diminta menggambar kedua
kalinya, yaitu pada akhir latihan (dengan petunjuk yang sama), pada waktu
pembahasan mengundang setiap peserta untuk:
1.
Membandingkan gambar pertama dengan
gambar kedua.
2.
Menjelaskan arti perbedaan-perbedaan
kepada peserta-peserta lain.
Catatan:
·
Bila acara menggambar ini diadakan pad
awal maupun akhir latihan, faslitator bersama dengan peserta dapat menilai
pengaruh latihan, dengan membandingkan kedua gambar tersebut.
No comments:
Post a Comment