Tuesday, January 10, 2012

MENGGAMBAR PERAN DIRI


Manfaat permainan
·           Peserta dapat menguraikan perannya dalam bentuk gambar.
·           Peserta lebih mengenal dirinya sehubungan dengan tugasnya sehari-hari.

 Jumlah anak yang bermain
·           Relative, bisa semua peserta yang ada dalam suatu acara

Lama permainan
·           30-45 menit

Usia anak dalam permainan
·           8-15 tahun

Persiapan yang dibutuhkan
·           Tempat  yang cukup luas, yang memungkinkan semua peserta bias menggambar secara leluasa.
·           Kertas buram dengan ukuran 35 x 35 cm
·           Spidol, pines atau selotip untuk menempelkan gambar pada dinding supaya dapat dilihat oleh semua peserta.

Aturan dan teknis permainan
·           Fasilitator memberikan petunjuk kepada peserta agar mereka menggambarkan peran atau fungsinya sendiri. Boleh menggambar biasa atau dengan memakai symbol-simbol. Misalnya, bila latihan kesehatan masyarakat diadakan untuk perawat, maka setiap peserta diminta membuat gambar tentang perannya sebagai perawat.
·           Bagikan kepada setiap peserta masing-masing 1 lembar kertas buram berikut 1 buah spidol.
·           Instruksikan kepada semua peserta agar menggambar peran atau fungsinya masing-masing.
·           Bagi yang sudah selesai menggambar dipersilahkan untuk menempelkan hasil karyanya pada dinding.
·           Fasilitator mempersilahkan kepada semua peserta untuk berkeliling sambil mengamati karya peserta lain. Bila ada hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan (sebaiknya pelatih tidak mengambil kesimpulan, tetapi boleh juga memberi komentar).
·           Bila peserta diminta menggambar kedua kalinya, yaitu pada akhir latihan (dengan petunjuk yang sama), pada waktu pembahasan mengundang setiap peserta untuk:
1.      Membandingkan gambar pertama dengan gambar kedua.
2.      Menjelaskan arti perbedaan-perbedaan kepada peserta-peserta lain.
Catatan:
·           Bila acara menggambar ini diadakan pad awal maupun akhir latihan, faslitator bersama dengan peserta dapat menilai pengaruh latihan, dengan membandingkan kedua gambar tersebut.

No comments:

Post a Comment