Manfaat
Permainan
·
Setiap peserta dapat menyebut nama,
pekerjaan dan kegemaran peserta lain.
·
Peserta dapat mencoba menghayati situasi
orang lain.
Jumlah
Anak Yang Bermain
·
4-8 orang
Lama
Permainan
·
60
menit (bias diperpanjang, tergantung jumlah peserta)
Usia
Anak Dalam Permainan
·
8-15 tahun
Persiapan
Permainan
·
Tempat ruangan yang cukup luas
Aturan
Dan Teknis Permainan
·
Fasilitator membagi peserta menjadi
beberapa pasang.
·
Masing-masing pasangan diminta untuk
saling berkenalan selama 10 menit.
·
Setiap pasangan dipersilahkan untuk
memperkenalkan diri di depan semua peserta lainnya dengan cara sebagai berikut:
Tiap-tiap peserta memperkenalkan diri dan berfungsi seolah-olah sebagai
“pribadi pasangannya”
·
Semua peserta mendapat giliran dengan
cara yang sama.
·
Bila waktu mengijinkan peserta lain
dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan terhadap hal-hal yang kurang jelas
kepada peserta yang sedang memperkenalkan “diri”.
·
Bahaslah bersama-sama dengan peserta mengenai ungkapan dibawah
ini:
1.
Bagaimana rasanya berfungsi sebagai
orang lain?
2.
Bagaimana kalau dirinya diperkenalkan
orang lain, tetapi salah?
·
Fasilitator memberikan kesimpulan:
1.
Seseorang sulit untuk “mengosongkan
diri” dan menghayati keadaan situasi orang lain.
2.
Mengenal
sikap dan kebiasaan seseorang lebih sukar disbanding hanya mengenal nama dan
pekerjaannya.
3.
Pengenalan
sikap dan kebiasaan seseorang merupakan suatu proses.
No comments:
Post a Comment