Manfaat
Permainan
·
Peserta
menunjukkan kesediaan untuk membuka diri.
·
Peserta
menunjukkan kesediaan untuk lebih mengenal peserta lainnya.
·
Peserta
menyadari hubungannya di dalam kelompok.
Lama Permainan
·
45-60
menit
Jumlah anak yang bermain
·
Sangat
relatif, tergantung berapa perserta yang ada
Usia anak
·
8-15
tahun
Persiapan
·
Tempat
atau ruangan
yang cukup luas.
·
Kertas besar.
·
Spidol untuk setiap kelompok.
·
Pines atau selotip untuk menempelkan
kertas hasil kerja kelompok.
Aturan dan Teknis Permainan
· Peserta diminta mencari salah satu benda
yang paling mengesankan baginya yang ada di lingkungan sekitar.
· Peserta berkumpul dalam kelompok kecil
(4-5 orang) untuk mengungkapkan kesan dan arti terhadap benda masing-masing
kepada kelompok, kemudian disimpulkan.
· Berkumpul dalam kelompok besar untuk
membahas hasil dari setiap kelompok mengkaitkan dan menyimpulkan bersama
sehingga hasil-hasil dari masing-masing kecil kelompok itu disimpulkan dalam
kelompok besar dan menjadi landasan bersama. Diharapkan dalam kelompok para peserta dapat menanyakan
hal-hal yang kurang jelas.
Catatan:
·
Kadang-kadang peserta sulit menungkapkan kesan pribadinya yang
terdapat dalam benda itu, sehingga diperlukan seseorang dalam kelompok yang
pandai menggalinya.
· Mengalami
kesulitan dalam mengkaitkan dan menyimpulkan semua hasil untuk menjadi
kesimpulan bersama dan milik bersama.
·
Sering
terjadi kesamaan benda yang dibawa oleh 2 atau 3 peserta tapi biasanya
penjelasan tentang arti benda tersebut berbeda.
No comments:
Post a Comment