Manfaat Permainan
·
Sebagai pengantar permainan kelompok yang memusatkan
perhatian pada hal-hal “sekarang dan di sini”.
·
Untuk membantu peserta agar menyadari
pentingnya tetap bertahan pada hal-hal “sekarang dan di sini”
Jumlah anak yang Bermain
·
Relatif
Lamanya permainan
·
30 menit
Usia
anak yang Bermain
·
10-15 tahun
Persiapan
·
Ruangan yang cukup luas yang
memungkinkan bagi peserta bias duduk atau berbaring.
·
Akan
lebih baik bila digunakan ruangan yang berkarpet agar peserta bias berbaring
dengan santai.
Aturan
dan teknis Permainan
·
Peserta
dipersilahkan memasuki ruangan dan mengambil tempat yang memungkinkan mereka
untuk relax.
·
Peserta
diminta untuk menutup mata sambil relax dan diajak untuk melakukan suatu
lamunan perjalanan (fantasy trip).
·
Kemudian
kepada peserta diberikan instruksi sebagai berikut: mencoba mengingat
pengalaman-pengalaman masa lalu yang menyangkut kejadian atau rangkaian
kehidupan seperti:
1.
Peserta mengingat kembali hari-hari
pertama sekolah. Apakah sesuatu hal yang menyenangkan? bagaimana sifat-sifat
teman-temannya?
2.
Peserta mengingat kembali saat dua atau
tiga tahun pertama mereka bersekolah.
3.
Kemudian dilanjutkan dengan kenangan
pada saat mereka berada pada dua atau tiga tahun terakhir di dekolah dasar.
4.
Saat mereka berada di rumah, bagaimana
perasaan mereka saat itu?
5.
Pada saat bermain, bagaimana perasaan
mereka saat itu?
6.
Mengenang
saat mereka tumbuh menjadi remaja. Bagaimana perasaan
mereka waktu nsik tingkat?
7.
Peserta
dipersilahkan untuk mengenang kembali saat-saat memasuki bulan-bulan pertama
tahun ini.
8.
Kemudian
hal-hal apa yang telah mereka alami pada minggu ini ?
9.
Terakhir
kepada peserta diminta untuk mengenang kembali pristiwa pagi ini, apa yang
mereka rasakan waktu mereka mulai mengenakan pakaian menyiapkan sesuatu dan
kemudian bagaimanakah pikiran serta perasaan mereka sewaktu memasuki ruangan
ini.
·
Setelah
permainan selesai, peserta diharapkan untuk mengungkapkan kembali perasaannya
pada saat fantasy trip dan kemudian dilanjutkan diskusi dengan peserta mengenal
apa yang baru saja dikerjakan.
·
Pada
saat diskusi, fasilitator membahas perbedaan pengalaman masa lalu dan
pengalaman pada saat ini. Bagaimana pengaruh pengalaman masa lalu terhadap
sikap dan tindakan kita sekarang?.
· Dibahas
juga pentingnya bertahan pada keadaan sekarang dan disini dalam memberikan reaksi
dan intepretasi terhadap permainan dalam dinamika kelompok.
No comments:
Post a Comment