Wednesday, January 11, 2012

CUNNY SACK


Manfaat Permainan
·           Sebagai pengantar permainan kelompok yang memusatkan perhatian pada hal-hal “sekarang dan di sini”.
·           Untuk membantu peserta agar menyadari pentingnya tetap bertahan pada hal-hal “sekarang dan di sini”
                          
Jumlah anak yang Bermain
·           Relatif

Lamanya permainan
·           30 menit

Usia anak yang Bermain
·           10-15 tahun

Persiapan
·           Ruangan yang cukup luas yang memungkinkan bagi peserta bias duduk atau berbaring.
·           Akan lebih baik bila digunakan ruangan yang berkarpet agar peserta bias berbaring dengan santai.

Aturan dan teknis Permainan

·           Peserta dipersilahkan memasuki ruangan dan mengambil tempat yang memungkinkan mereka untuk relax.
·           Peserta diminta untuk menutup mata sambil relax dan diajak untuk melakukan suatu lamunan perjalanan (fantasy trip).
·           Kemudian kepada peserta diberikan instruksi sebagai berikut: mencoba mengingat pengalaman-pengalaman masa lalu yang menyangkut kejadian atau rangkaian kehidupan seperti:
1.      Peserta mengingat kembali hari-hari pertama sekolah. Apakah sesuatu hal yang menyenangkan? bagaimana sifat-sifat teman-temannya?
2.      Peserta mengingat kembali saat dua atau tiga tahun pertama mereka bersekolah.
3.      Kemudian dilanjutkan dengan kenangan pada saat mereka berada pada dua atau tiga tahun terakhir di dekolah dasar.
4.      Saat mereka berada di rumah, bagaimana perasaan mereka saat itu?
5.      Pada saat bermain, bagaimana perasaan mereka saat itu?
6.      Mengenang saat mereka tumbuh menjadi remaja. Bagaimana perasaan mereka waktu nsik tingkat?
7.      Peserta dipersilahkan untuk mengenang kembali saat-saat memasuki bulan-bulan pertama tahun ini.
8.      Kemudian hal-hal apa yang telah mereka alami pada minggu ini ?
9.      Terakhir kepada peserta diminta untuk mengenang kembali pristiwa pagi ini, apa yang mereka rasakan waktu mereka mulai mengenakan pakaian menyiapkan sesuatu dan kemudian bagaimanakah pikiran serta perasaan mereka sewaktu memasuki ruangan ini.
·           Setelah permainan selesai, peserta diharapkan untuk mengungkapkan kembali perasaannya pada saat fantasy trip dan kemudian dilanjutkan diskusi dengan peserta mengenal apa yang baru saja dikerjakan.
·           Pada saat diskusi, fasilitator membahas perbedaan pengalaman masa lalu dan pengalaman pada saat ini. Bagaimana pengaruh pengalaman masa lalu terhadap sikap dan tindakan kita sekarang?.
·        Dibahas juga pentingnya bertahan pada keadaan sekarang dan disini dalam memberikan reaksi dan intepretasi terhadap permainan dalam dinamika kelompok.

No comments:

Post a Comment