Monday, March 12, 2012

PIKIRAN, SEBUAH KEKUATAN YANG DAHSYAT


Kekuatan pikiran manusia merupakan kekuatan yang sangat dahsyat, dengan kedahsyatannya tersebut pikiran dapat menghasilkan sebuah enomena yang Tak Dapat Dijelaskan oleh Sainsilmu pengetahuan memang menakjubkan. Mampu menyibak beragam misteri kehidupan. Mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajah antariksa, bahkan menciptakan mahluk hidup dan lain sebagainya.

Apa yang dilihat disekeliling kita begitu menakljubkan. Namun, kita akan lebih takjub lagi apabila kita bercermin dan meneliti diri kita sendiri secara lebih dalam lagi. Kita merupakan makhluk yang benar-benar berbeda dari keluarga flora dan fauna lainnya. Ternyata kita adalah spesies yang paling hebat, yang mendominasi dunia. Dari sisi manapun, manusia jelas-jelas mengungguli mereka.

Manusia bisa tinggal di mana saja. Bandingkan dengan pingiun yang dipaksa pindah ke gurun sahara, atau unta yang digusur untuk tinggal di antartika, atau ikan yang dipaksa tinggal di daratan, begitu juga ayam yang dipaksa tinggal di dasar laut. Jangan jauh-jauh, sesama ikan saja yang sama-sama hidup di air memiliki keterbatasan, ikan air tawar tidak akan berani menyentuh air laut yang asin, begitu juga dengan ikan air laut tidak akan berani tinggal di air tawar.

Beda halnya dengan manusia, ia mampu hidup dan bertempat tinggal di kutub yang sangat dingin. Manusia juga hidup dan tinggal di gurun sahara yang sangat panas dan kering. Suku Eskimo melindungi diri dari cuaca yang sangat ekstrem dengan membangun iglo, mengenakan jaket kulit yang tebal. Bahkan mereka sekarang menggunakan mesin pemanas. Begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di gurun sahara yang menggukanan mesin pendingin. Manusia adalah makhluk penjelajah, daya jelajahnya lebih jauh dan berkemampuan lebih besar untuk mengeksplorasi bumi dibanding makhluk manapun.

Manusia dengan teknologinya dapat tinggal berbulan-bulan di permukaan laut, menjelajah bebas dengan kapal selam sampai jauh di kedalaman samudera, sementara warga aslinya seperti ubur-ubur, hiu, penyu laut dan sebagainya hanya bingung menyaksikannya. Manusia pun tinggal di darat tanpa kesulitan, berkeliling bumi, bahkan terbang lebih cepat dari burung albatros dan melanglang lebih jauh dari burung elang, dengan pesawat bermesin jet yang berkecepatan supersonik bahkan ultrasonik. Kita mengalahkan cheetah sebagai binatang tercepat, kita juga mengalahkan anjing pencari jejak paling ulung. Kita lebih hebat dari binatang manapun.

Tidak seperti makhluk-makhluk yang dipengaruhi oleh alam dan tanpa daya itu, manusia malah mengeksploitasi alam demi keuntungannya. Bahkan manusia pun dapat dengan mudah menghancurkan alam ini bila mereka mau. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah oleh manusia karena ketinggian intelektual dan kekayaan emosionalnya. Paling hebat yang dimiliki manusia adalah kemampuan untuk memilih. Kemampuan tersebut merupakan faktor yang sangat vital dalam menaikkan derajat manusia dari makhluk-makhluk lain. Keistimewaan tersebut membuat manusia senantiasa dan akan selalu membuktikan keunggulan serta dominasinya terhadap dunia ini.

No comments:

Post a Comment