Monday, March 12, 2012

Klasifikasi Pikiran Manusia


Berdasarkan psikologi pikiran dibagi menjadi 5 bagian: pikiran sadar (Conscious Mind), pikiran tidak sadar (Nonconscious Mind), pikiran bawah sadar (Unconscious Mind), pikiran bawah sadar juga (Subconscious Mind) dan pikiran semi sadar (Preconscious Mind). Definisi ini diambil dari sisi fisik saja di mana pikiran adalah bagian dari kerja otak.

1. Pikiran Sadar (Conscious Mind)

Pikiran sadar adalah kuasa yang mengendalikan apa yang sedang Anda lakukan saat ini, yaitu baca buku ini. Pikiran sadar juga yang mengendalikan apakah Anda akan menyelesaikan membaca buku ini penuh, atau langsung menutupnya dan mengetikkan dengan buku lain. Juga mengendalikan tangan kanan dan kiri Anda untuk menggerakkan untuk memegang dan membuka pada tiap halamannya yang sudah Anda. Di samping itu juga, Anda mengendalikan mata Anda untuk melihat, sampai Anda mengendalikan diri Anda untuk berhenti membaca atau meneruskannya hingga Anda memahami isi buku ini. Juga pikiran yang sedang berkonsentrasi pada suatu hal saat ini. Pikiran sadar (concious mind) adalah pengendali tubuh dan pikiran Anda saat sadar.

Memahami kesadaran (conciousness) meliputi memahami mengapa Anda berpikiran seperti ini, mengapa Anda marah, mengapa Anda sedih, atau mengapa Anda tertawa. Seseorang dengan great conciousness memahami setiap detik dari kesadaran mereka dan mengontrolnya dengan baik. Dan langkah pertama untuk memahami kesadaran Anda adalah mengetahui bagaimana kesadaran Anda bekerja.

Conscious mind berpikir secara logika, linear, sekuensial, tentang saat ini, tentang membaca buku ini dan menyimpannya dalam memori. Conscious mind-lah yang menyelesaikan tugas-tugas Anda, membersihkan rumah, dan mungkin memerintahkan Anda menutup halaman ini.

Pikiran sadar memiliki empat fungsi utama, yaitu:

1.   Mengidentifikasi informasi yang masuk

Ketika informasi masuk melalui panca indera dan diterima oleh otak, maka informasi tersebut diidentifikasi dan diterjemahkan oleh pikiran sadar kita.

2.   Membandingkan

Informasi yang sudah diidentifikasi dan diterjemahkan tersebut maka pikiran bawah sadar tersebut membandingkan informasi tersebut dengan informasi yang sama yang sebelumnya telah masuk.

3.   Menganalisis

Setelah informasi tersebut dibandingkan, selanjutnya pikiran sadar kita akan menganalisis informasi tersebut untuk diputuskan.

4.   Memutuskan

Selanjutnya informasi yang telah dianalisis sebelumnya oleh pikiran sadar kita, maka pikiran sadar akan memutuskan informasi tersebut akan dilakukan atau tidak – menjadi sebuah perbuatan.

 

Itulah peroses pengolahan informasi yang diterima otak – pikiran sadar – sampai informasi tersebut diputuskan akan dilakukan atau tidak pada saat itu. Apabila informasi tersebut – setelah diputuskan – tidak dilaksanakan menjadi sebuah perbuatan maka secara otomatis akan menyimpan informasi tersebut dalam memori pikiran bawah sadar. Peroses tersebut begitu cepatnya dan tidak memerlukan waktu lama – dalam itungan detik bahkan lebih cepat lagi.

 

2. Pikiran tidak Sadar (Nonconscious Mind)

Pikiran tidak sadar (nonconscious mind) adalah pikiran tidak sadar yang mengendalikan tubuh Anda secara otomatis. Seperti detak jantung, kontrol hormon, gerak peristaltik atau hal lain. Ia adalah pembantu rahasia Anda, yang tidak butuh bayaran apa-apa.

 

3. Pikiran Bawah Sadar (Preconscious Mind)

Pikiran bawah sadar (preconscious mind) adalah pikiran yang menyimpan memori yang tidak dibutuhkan saat ini, tapi dengan mudah Anda panggil saat dibutuhkan. Misalnya jika ditanya berapa kali Anda pernah berciuman, pikiran sadar Anda belum tentu bisa langsung menjawab namun pikiran preconcious akan memanggil seluruh memori yang berkaitan dengan hal itu. Atau pertanyaan mudah, percakapan apa yang Anda lakukan tadi malam?.

Saat pikiran sadar selesai melakukan sesuatu, preconscious menyimpannya dalam memori. Ia adalah pembantu Anda, istri Anda, asisten Anda, sekretaris Anda.

 

4. Pikiran Bawah Sadar Juga (Subconcious Mind)

Ini merupakan bagian yang misterius. Subconcious menyimpan memori yang bahkan alam sadar Anda tidak ingat pernah mengalaminya. Misalnya ketika seseorang dioperasi dengan bius total saat ia bangun ia tidak dapat mengingat apa yang terjadi. Tapi dengan hipnotis, subconscious mampu menjelaskan percakapan apa yang terjadi di antara dokter bedah. Ia adalah agen rahasia Anda, namun juga titik lemah Anda.

 

5. Pikiran Semi Sadar (Unconscious Mind)

Ini merupakan bagian yang tidak secara sadar ikut mengontrol tubuh dan pikiran Anda, mengasosiasikan pikiran dan perasaan, melakukan kesimpulan, atau melakukan self defence mechanisme. Ketika melakukan multitasking seperti mengemudi misalnya. Mata Anda melihat jalan, spion kanan, spion kiri, cewek yang sedang lewat, atau rumah makan favorit; sementara tangan dan kaki mengendalikan mobil dengan caranya sendiri. Pikiran Anda bisa jadi melanglang buana namun mobil tetap berjalan seperti yang seharusnya. Unconcious mengontrol gerakan refleks, otomatis, dan menyimpan memori yang mungkin tidak Anda sadar ingin menyimpannya atau menghapusnya.

Menurut Freud, unconcious mind mengontrol memori dan perasaan yang dibutuhkan oleh Anda secara tidak sadar. Menghapus pikiran yang mengerikan dan traumatis, menyimpan lirik lagu atau nomer telepon, dan database terhadap gerak refleks.

Saat Anda sedang bekerja dan pikiran Anda menyanyikan sebuah lagu, itulah unconcious yang sedang bersenang-senang. Saat Anda patah hati dan ingin melupakan, itulah unconscious yang perlahan menghapusnya. Saat Anda memainkan Canon in D dengan piano, unconscious membantu pikiran sadar mengikuti ritme dan melodi. Saat Anda bermimpi, itulah alam yang disediakan alam unconscious Anda.

Ia adalah guru Anda, penasehat Anda, peramal pribadi, psikolog Anda, nurani Anda, seniman dalam diri Anda, yang menjadikan Anda seorang homo sapiens yang berbudaya.

Menurut Carl Jung, unconscious dan subconscious hidup dalam satu alam di mana seluruh manusia sebenarnya terkoneksi (Archetype). Itulah sebabnya terkadang seseorang mampu merasakan perasaan orang lain, atau bahkan membaca pikiran orang lain. Itulah sebabnya kadang saudara kembar bisa merasakan perasaan saudaranya yang jauh. Itulah sebabnya seorang istri mampu merasakan apa yang ada dalam pikiran suami ketika berselingkuh.

Bukan pikiran sadar yang terbaca, namun pikiran bawah sadar yang menyampaikan informasi itu. Anda bisa mengalihkan pikiran supaya orang tidak mengetahui apa yang sedang Anda pikirkan, tapi bisakah Anda mengalihkan pikiran bawah sadar Anda?

No comments:

Post a Comment