Manfaat Permainan
·
Peserta
lebih mengenal satu sama lain.
·
Peserta menyadari pentingnya penguasaan
lingkungan tempat tugasnya.
·
Peserta
menyadari keberadaannya dalam masyarakat.
Jumlah anak yang terlibat
·
Semua
perserta
Lama Permainan
·
60
menit
Usia anak
·
12-15
tahun atau lebih
Persiapan
·
Tempat
di ruang kelas
·
Peralatan
yang dibutuhkan berupa kertas yang bernomor urut secukupnya.
Aturan dan teknis Permainan
·
Jelaskan
oleh fasilitator bahwa seringkali seorang petugas pengembangan masyarakat tidak
menyadari sepernuhnya kebaradaannya dalam masyarakat, sehingga merugikan baik
dirinya maupun masyarakat.
·
Sediakan
sebuah tempat duduk di luar lingkaran yang diibaratkan sebagai penjara.
·
Tentukan
seorang peserta yang berperan sebagai “Raja’’
·
Tentukan
nomor urut tempat duduk dengan menempelkan kertas bernomor, kecuali ’kursi
raja’
·
Kalau
raja bersabda : “Raja.............A (nama seorang peserta)’’, maka si A harus
menjawab : “Raja.........Delapan (nomor kursi A).....B (nama seorang peserta)’’
dan B harus segera menjawab:
“A......Lima (nomor kursi B)......C (nama seorang peserta)’’. Raja juga
boleh disebut. Demikian seterusnya.
·
Kalau
ada seorang peserta yang bersalah:
1.
Tidak
segera menjawab atau lama menjawab,
2.
Menyebut
dengan urutan yang tidak benar,
3.
Menyebut
nama yang tidak benar,
4.
Salah menyebut nomor kursinya, maka
harus dihukum (duduk di kursi penjara) dan yang dipenjara bergabung dengan
peserta lainnya. Sesudah itu peserta diminta bergeser duduknya ke kanan,
berarti:
a.
Raja berganti
b.
Semua peserta ganti nomor tempat duduk.
·
Raja
yang
baru memulai dengan sabdanya ; “Raja………” Dan seterusnya sampai waktu yang ditetapkan.
Catatan:
·
Untuk
tahap pertama kalau permainan ini dianggap terlalu berat, dapat diperingan
dengan jawaban hanya 2 kata yaitu : nomor tempat duduk dan 1 nama teman
Selanjutnya dapat ditingkatkan.
No comments:
Post a Comment