Wednesday, January 11, 2012

MIMIK WAJAH


Manfaat Permainan
·           Mengembangkan komunikasi dengan bahasa isyarat.

Lamanya permainan
·           Waktu: 10- 15 menit

Jumlah anak yang terlibat
·           Jumlah peserta: 10-30 orang

Usia anak
·           10-18 tahun

Aturan dan teknis Permainan

·           Minta peserta membentuk lingkaran
·           Fasilitator memulai permainan dengan bermimik yang tragis seperti mimik sangat sedih atau marah. Perlahan-lahan fasilitator seolah-olah mengupas topeng tragedi kesedihan atau kemarahan dari wajahnya dan perlahan-lahan tersenyum dengan mengenakan topeng wajah yang bahagia.
·           Panggil nama seseorang di lingkaran dan lemparkan ”topeng tragedy kesedihan atau kemarahan” pada orang tersebut.  
·           Orang yang dipanggil akan melanjutkan mimik tragedy dengan mengenakan ”topeng” tragedi, melepaskan topeng tragedi dan kembali mengenakan topeng  wajah bahagia. Setelah itu mereka harus melemparkan ”topeng” pada orang lain di kelompok dan seterusnya hingga semua orang di lingkaran mengenakan wajah bahagia.
·           Semua orang harus terus mengenakan topeng bahagia hingga semua orang mengenakannya.

Catatan:
·           Saat ”topeng” dilemparkan dari satu orang ke orang berikutnya, maka sebaiknya  wajah orang dilempar topeng tersebut secepatnya berubah. Bertambah meyakinkan perubahan wajah dan bervariasi topeng tragedi yang dimunculkan maka bertambah menyenangkan permainanyang dilakukan.

No comments:

Post a Comment