Manfaat Permainan
·
Untuk
memotivasi diri dan meningkatkan konsentrasi
Lama permainan
·
Waktu:
10 -15 menit
Jumlah Anak yang Terlibat
·
Jumlah
peserta: 15-30 orang
Usia anak yang Terlibat
·
10-18
tahun
Persiapan
·
Peserta
harus meempersiapkan kertas dan Pena
Aturan dan teknis Permainan
·
Dalam
persiapan, fasilitator harus menulis berbagai macam gerakan atau perilaku di
kertas.
·
Minta
peserta berdiri di satu lingkaran.
·
Berikan
setiap peserta satu kertas yang sudah berisi petunjuk gerakan atau perilaku
yang harus dilakukan.
·
Fasilitator
kemudian menjelaskan ketika diberikan satu tanda pada peserta maka peserta
harus melakukan prilaku yang tertulis dikertas.
·
Ketika
fasilitator memberikan tanda lain maka peserta harus berhenti melakukan gerakan
atau perilaku tersebut.
·
Ulangi
permainan beberapa kali dengan perilaku yang berbeda.
Catatan:
·
Contoh
gerakan atau prilaku yang lucu antara lain, gerakan kelinci melompat-lompat,
makan rumput dan mengembik seperti lembu, mencangkul di sawah dan lain-lain
·
Persiapkan
gerakan-gerakan yang berhubungan satu sama lain. Misalnya satu gerakan adalah
mencangkul di sawah, gerakan orang lain adalah menanam padi. Minta setiap
peserta saat mereka melakukan gerakan untuk memperhatikan gerakan orang
lain yang berhubungan dengan prilaku yang dia lakukan.
No comments:
Post a Comment