Wednesday, January 11, 2012

KARPET TERBANG


Manfaat Permainan
·           Permainan Karpet Terbang merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama di dalam sebuah kelompok, baik sebagai acara perkenalan maupun pemecah kejenuhan.

Jumlah Anak yang Terlibat
·           Jumlah anak yang terlibat sangat relative, tergantung jumlah karpet yang tersedia, dan tergantung pada besar karpet yang dapat menampung jumlah anak.

Lamanya Permainan
·           20-13 menit

Usia Anak
·           Permainan ini cocok untuk semua umur dan dapat dilaksanakan baik di dalam maupun di luar ruangan, namun sebaiknya dilakukan di tempat yang cukup luas dan dapat mengakomodir pergerakan peserta dalam jumlah yang banyak.

Persiapan

·           Persiapan yang dibutuhkan cukup minim, hanya beberapa alas karpet yang disesuaikan dengan jumlah pemain, bisa terbuat dari plastik, anyaman rotan, atau gabus dan alunan musik berirama cepat yang dapat mengiringi permainan, baik menggunakan kaset atau alat music. Jumlah alas karpet harus lebih sedikit dari jumlah pemain dan ukurannya tidak terlalu besar atau lebar.

Aturan dan Teknis Permainan
·           Peserta diminta membuat sebuah lingkaran besar dan alas-alas karpet disebarkan di tengah lingkaran tersebut.
·           Peserta diberikan penjelasan bahwa mereka akan diajak untuk bermain dalam sebuah permainan bernama karpet terbang, di mana mereka ditugaskan untuk mengelilingi karpet-karpet tersebut selama alunan musik dimainkan, dan secepat-cepatnya menempati salah satu karpet jika musik berhenti.
·           Tidak boleh ada pemain yang tidak mendapatkan karpet.
·           Jalani satu kali putaran permainan dan lihat reaksi para pemain. Karena jumlah alas karpet yang disediakan tidak cukup untuk semua pemain, maka mau tidak mau para pemain harus berbagi karpet.
·           Tidak ada pemain yang tersisih dalam permainan ini, semua harus bekerjasama agar bisa mendapatkan karpet.
·           Usai satu putaran permainan, fasilitator mengurangi jumlah alas sehingga pemain harus memutar otak untuk menyiasati pembagian karpet. Tiap putaran permainan diikuti oleh pengurangan jumlah karpet sehingga tantangan kerjasama yang dihadapi oleh pemain semakin meningkat.
·           Permainan diakhiri setelah beberapa putaran atau ketika jumlah karpet yang tersisa sudah hampir tidak dapat menampung jumlah pemain.

No comments:

Post a Comment