Wednesday, January 11, 2012

GOTONG ROYONG


Manfaat Permainan
·           Permainan gotong royong ini dapat menjadi contoh bagi para peserta betapa pentingnya kerjasama dalam pelayanan.
·           Setiap peserta hendaknya bersatu dan jangan terpecah-belah

Jumlah Anak yang Terlibat
·           15-30 peserta

Lamanya Permainan
·           30-60 menit

Usia Anak
·           8-15 tahun

Persiapan:
·           Sedotan plastik dan karet gelang yang warnanya sama sebanyak jumlah peserta.

Aturan dan teknis Permainan

·           Para peserta dibagi menjadi dua atau tiga kelompok yang terdri dari pria dan wanita (setiap kelompok diusahakan berjumlah kurang lebih sepuluh orang).
·           Kemudian, sedotan plastik dibagikan kepada setiap peserta, masing-masing memasukkannya ke dalam mulut dan ujungnya digigit sedikit.
·           Setelah itu, karet gelang yang banyaknya sesuai dengan panjang sedotan dimasukkan ke sedotan seorang peserta, tetapi jangan sampai kena mulut, lalu ia memindahkannya kepada peserta lain dan demikianlah seterusnya sampai semuanya mendapat giliran.
·           Hanya pada waktu ia memindahkan karet gelang itu ke sedotan peserta yang lain, tidak boleh menggunakan tangan.
·           Mulut yang harus menggerakkan sedotan itu (boleh juga membungkuk pada waktu mengambil atau menerima karet gelang itu).
·           Kemudian fasilitator menghitung berapa sisa karet gelang yang ada pada peserta terakhir yang berhasil diperolehnya karena ada kerjasama di antara mereka. Juga berapa karet gelang yang terjatuh karena tidak ada kerjasama di antara mereka yang memberikannya.
·           Waktu yang dipergunakan oleh orang yang terbanyak mengumpulkan karet gelang harus dihitung (ini perlu dilakukan sebab sering waktunya terlalu lama), lalu dicatat.
·           Kelompok yang terbanyak dan tercepat mengumpulkan karet gelang, itulah yang akan menjadi pemenangnya dalam permainan gotong royong ini.

No comments:

Post a Comment