Manfaat Permainan
·
Peserta
menyadari bahwa kita sering menganggap kebutuhan orang lain dari segi kepentingan
kita.
·
Peserta
memahami faktor-faktor yang mempermudah mereka mengenal kebutuhan orang lain
dengan tepat
Jumlah anak yang terlibat
·
4-6
orang tiap kelompok
Lama Permainan
·
30-45
menit
Usia anak
·
10-15
tahun
Persiapan
·
Tempat
di ruang kelas
·
Peralatan
atau bahan permainan seperti kertas untuk catatan setiap peserta
Aturan dan teknis Permainan
·
Jelaskan
kepada peserta bahawa salah satu langkah yang perlu ditempuh dalam menyiapkan
masyarakat ialah mengenal kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Tetapi proses
tersebut tidak mudah.
·
Instruksikan
kepada peserta agar mereka mencari pasangannya masing-masing. Waktunya 5 menit.
·
Masing-masing
peserta menulis 3 kebutuhan dririnya serta pasangannya yang kira-lkira
dirasakannya pada saat itu. Setiap pasangan tidak boleh berbicara. Waktunya
cukup 5 menit saja.
·
Secara
bergiliran setiap pasangan membacakan kebutuhan pasangannya dan kebutuhannya
sendiri. Begitu seterusnya sampai semua pasangan memperoleh kesempatan yang
sama.
·
Fasilitator
mengajukan pertanyaan:
1.
Apakah
terkaan kebutuhannya sama dengan kebutuhan yang dirasakan pasangannya?
2.
Apakah
terkaan kebutuhannya berbeda dengan kebutuhan yang dirasakan pasangannya?
3.
Kenapa
terjadi perbedaan ?
4.
Kenapa
ada terkaan yang tepat ?
·
Fasilitator
memberikan kesimpulan:
1.
Adanya
kemungkinan bahwa kita kadang-kadang tidak melihat kebutuhan orang lain,
sebagaimana mereka lihat dan rasakan.
2.
Adanya
kecenderungan untuk memperkirakan bahwa orang lain mempunyai kebutuhan yang
sama dengan apa yang dirasakannya sendiri sebagai suatu kebutuhan.
3.
Kita
dapat mengenal kebutuhan orang lain dengan tepat bila kita berkomunikasi
langsung dengan orang tersebut.
4.
Oleh
karena itu kita perlu berkomunikasi langsung dengan masyarakat untuk mengetahui
dengan tepat kebutuhan yang dirasakan oleh mereka.
No comments:
Post a Comment