Wednesday, January 11, 2012

MEMASANG TALI SEPATU


Manfaat Permainan
·           Mendemonstrasikan bagaimana komunikasi yang efektif

Lama Permainan
·           Waktu: 50 menit

Jumlah anak yang bermain
·           Jumlah peserta: 10 – 20 orang

Usia Anak yang Terlibat
·           7-15 tahun

Persiapan
·           Jelaskan bahwa peserta belajar akan memainkan permainan memasang tali sepatu yang bertujuan untuk memperlihatkan cara berkomunikasi yang efektif.
·           Sepatu yang bertali
·           Dua buah kursi
·           Kertas plano
·           Spidol

Aturan dan teknis Permainan

·           Minta peserta untuk membentuk group yang terdiri dari tiga orang.
·           Satu orang peserta harus memiliki sepatu yang memiliki tali. Anak yang kedua harus menjadi yang memberi petunjuk memasang tali sepatu atau instruktur atau pemandu.
·           Anak yang ketiga menjadi pengamat komunikasi anak pertama dan kedua
·           Minta anak yang memakai sepatu untuk duduk saling membelakangi atau beradu punggung dengan anak yang memberi petunjuk memasang tali sepatu atau instruktur atau  pemandu, sementara yang mengamati duduk di samping mereka.
·           Pemasang tali sepatu harus lebih dahulu melepaskan tali sepatu seluruhnya dari sepatu, dan kemudian mengikuti petunjuk dari si pemandu untuk memasang kembali tali sepatunya.
·           Si pemasang tali  sepatu tidak boleh bertanya pada si pemandu. Ia harus mengikuti seluruh petunjuk si pemandu tanpa boleh bertanya. Si pemandu juga tidak boleh menggunakan gerak tubuh atau cara lain dalam memberikan petunjuk. Hanya boleh menggunakan suara.
·           Si pengamat harus menjaga bahwa petunjuk harus dari si pemandu, tidak boleh menggunakan gerak tubuh dan tidak ada pertanyaan dari yang memasang tali sepatu
·           Lihat hasilnya. Minta pengamat untuk melaporkan bagaimana permainan berjalan di kelompoknya.
·           Minta setiap kelompok kembali mengulang permainan. Pemasang tali sepatu dengan pemandu masing duduk saling membelakangi, namun si pemasang  boleh bertanya pada pemandu. Langkah permainan sama dengan langkah sebelumnya.
·           Kemudian lihat hasilnya. Minta pngamat untuk melaporkan bagaimana permainan  berjalan di kelompoknya.
·           Minta setiap kelompok kembali mengulang permainan kembali. Pemasang tali sepatu dengan pemandu duduk saling berhadapan, si pemasang  boleh bertanya pada pemandu, dan pemandu boleh menggunakan gerak tubuh.
·           Lihat hasilnya. Minta pengamat untuk melaporkan bagaimana permainan berjalan di kelompoknya
·           Tanya anggota group lain bagaimana perasaan mereka dalam melakukan tugas. Mulai dari si pemandu.
·           Simpulkan hasil diskusi dengan mengambil kata-kata penting yang memudahkan anak memasang tali sepatu.

No comments:

Post a Comment