Manfaat Permainan
·
Mendemonstrasikan
bagaimana komunikasi yang efektif
Lama Permainan
·
Waktu:
50 menit
Jumlah anak yang bermain
·
Jumlah
peserta: 10 – 20 orang
Usia Anak yang Terlibat
·
7-15
tahun
Persiapan
·
Jelaskan bahwa peserta belajar akan memainkan permainan memasang
tali sepatu yang bertujuan untuk memperlihatkan cara berkomunikasi yang
efektif.
·
Sepatu yang bertali
·
Dua buah kursi
·
Kertas plano
·
Spidol
Aturan dan teknis Permainan
·
Minta
peserta untuk membentuk group yang terdiri dari tiga orang.
·
Satu
orang peserta harus memiliki sepatu yang memiliki tali. Anak yang kedua harus
menjadi yang memberi petunjuk memasang tali sepatu atau instruktur atau pemandu.
·
Anak yang ketiga menjadi pengamat
komunikasi anak pertama dan kedua
·
Minta anak yang memakai sepatu untuk
duduk saling membelakangi atau beradu punggung dengan anak yang memberi
petunjuk memasang tali sepatu atau instruktur atau pemandu, sementara yang mengamati duduk di
samping mereka.
·
Pemasang tali sepatu harus lebih dahulu
melepaskan tali sepatu seluruhnya dari sepatu, dan kemudian mengikuti petunjuk
dari si pemandu untuk memasang kembali tali sepatunya.
·
Si
pemasang tali sepatu tidak boleh bertanya pada si pemandu. Ia harus
mengikuti seluruh petunjuk si pemandu tanpa boleh bertanya. Si pemandu juga
tidak boleh menggunakan gerak tubuh atau cara lain dalam memberikan petunjuk.
Hanya boleh menggunakan suara.
·
Si
pengamat harus menjaga bahwa petunjuk harus dari si pemandu, tidak boleh
menggunakan gerak tubuh dan tidak ada pertanyaan dari yang memasang tali sepatu
·
Lihat
hasilnya. Minta pengamat untuk melaporkan bagaimana permainan berjalan di
kelompoknya.
·
Minta
setiap kelompok kembali mengulang permainan. Pemasang tali sepatu dengan pemandu masing duduk saling
membelakangi, namun si pemasang boleh bertanya pada pemandu. Langkah
permainan sama dengan langkah sebelumnya.
·
Kemudian lihat hasilnya. Minta pngamat
untuk melaporkan bagaimana permainan berjalan
di kelompoknya.
·
Minta setiap kelompok kembali mengulang permainan
kembali. Pemasang tali sepatu dengan pemandu duduk saling berhadapan, si
pemasang boleh bertanya pada pemandu, dan pemandu boleh menggunakan gerak
tubuh.
·
Lihat hasilnya. Minta pengamat untuk
melaporkan bagaimana permainan berjalan di kelompoknya
·
Tanya anggota group lain bagaimana
perasaan mereka dalam melakukan tugas. Mulai dari si pemandu.
·
Simpulkan hasil diskusi dengan mengambil
kata-kata penting yang memudahkan anak memasang tali sepatu.
No comments:
Post a Comment