Manfaat
Permainan
·
Memudahkan anak dalam menghafal pelajarannya
·
Mempererat rasa persahabatan antara anak
satu dan yang lainnya
·
Memperlancar komunikasi dengan anak.
Jumlah
Anak yang Terlibat
·
4-10 orang
Lama
Permainan
·
15-30 menit
Usia
Anak
·
5-10 tahun
Persiapan
·
Posisi awal: Lingkaran besar.
·
Anak-anak bergandengan dua-dua, muka
belakang rapat, dan berjarak jarak
·
Pasangan satu dengan yang lain 3 m.
Teknis
dan Aturan Permainan
·
Seorang dari regu A dan regu B menjadi
bintang yang pindah. Ke dua anak ini siap di tengah lingkaran.
·
Satu dengan yang lain jaraknya 3 m.
Dengan aba-aba dari Pemandu dan setiap perpindahan anak harus menyebutkan
nama-nama hari, tanggal, atau binatang, sesuai dengan kesepakan pada awal
permainan atau hafalan-hafalan lainnya
·
B berlari menempel salah satu pasangan
di depannya.
·
A mengejar dan menepuk B, sebelum
menempel pada salah satu pasangan. Bila B menempel pada salah satu pasangan
sebelum kena, maka anak yang di belakang yang di temple B harus lari dan pindah
menempel di depan pasangan lain.
·
Demikian seterusnya. Bila yang lari kena
tepuk, maka mereka mejadi pasangan bintang baru. Pembina menunjuk lagi 2 orang,
1 dari regu C dan satu lagi dari regu D, untuk menjadi bintang yang akan
kejar-kejaran. Permainan diteruskan bila anak yang di kejar terlalu jauh
meninggalkan lingkaran, di anggap telah kena tepuk.
Note:
·
Anak yang dapat menepuk mendapat angka
1, yang di tepuk nilaunya kurang.
·
Regu yang mendapat nilai terbanyak
menang.
No comments:
Post a Comment